asal terbentuknya souljah

SOULJAH terbentuk tahun 1998 oleh 5 orang sahabat yang sama-sama mahasiswa D3 Komunikasi Periklanan Universitas Indonesia. Sejak awal, pada waktu itu masih bernama ARIGATOO, SOULJAH memang sudah memainkan musik ska yang merupakan salah satu perkembangan dari musik asli Jamaika. Seiring waktu berjalan musik ARIGATOO semakin berkembang dan pada tahun 2004 mereka sepakat untuk mengganti nama ARIGATOO dengan SOULJAH. Momen ini juga menandakan keseriusan SOULJAH dalam bermusik dan komitmen mereka untuk terus konsisten berkarya dengan aliran musik yang mereka percayai adalah ‘jodoh’ mereka.

Komitmen dan konsistensi SOULJAH untuk serius bermusik dibuktikan dengan terus merilis album dan tetap aktif melakukan show ke berbagai daerah di Indonesia. Album pertama SOULJAH dirilis pada tahun 2005 dan diberi nama Breaking The Roots. Berisi 12 lagu, single Jamaica’s Away berhasil menarik perhatian masyarakat Indonesia, terutama bagi pecinta musik Jamaika.
Album kedua, Bersamamu, dirilis 2 tahun berikutnya dan diapresiasi sangat baik oleh banyak pecinta musik Indonesia. Single Bersamamu dan I’m Free menjadi favorit bagi banyak orang, terutama di kalangan anak-anak remaja. Tahun 2009 SOULJAH kembali merilis album ketiga yang diberi nama Mestakung. Single Tak Selalu kini adalah salah satu lagu yang paling ditunggu oleh Braddasouljah.

Setelah sekian kali personil datang dan pergi, SOULJAH kini mantap dengan Danar (vocal), Said (vocal), David (keyboard), dan Renhat (bass). Di atas panggung mereka dibantu oleh Nanda (drum), Otnai (gitar), Edot (trombone), Roding (trumpet), dan Dika (tenor saxophone).
Saat ini SOULJAH sedang mempersiapkan album keempat di sela-sela kesibukan mereka melakukan show baik di Jakarta maupun luar Jakarta. Selain itu mereka juga tetap konsentrasi menjalankan bisnis music label mereka yang diberi nama Offbeat Music Indonesia.
Tidak ada yang tidak mungkin, tidak ada yang tidak bisa; ini adalah sesuatu yang SOULJAH pelajari sepanjang karir bermusik mereka; from nothing to something.

DISCOGRAPHY

1. Kompilasi SKAMANIA, Sony Music Entertainment, 2000
2. Kompilasi ASIAN SKA FOUNDATION, Authority Records Japan, 2001
3. ARIGATOO, KAMI BUKAN PERAWAN LAGI, Senyum Tante Records, 2002
4. SOULJAH, BREAKING THE ROOTS, Offbeat Music Indonesia, 2005
5. SOULJAH, BERSAMAMU, Offbeat Music Indonesia, 2007
6. SOULJAH, MESTAKUNG, Offbeat Music Indonesia, 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s