Asal terbentuknya tony q

asal usul nama tony q
“tony q rastafara”
Tony Q Rastafara adalah ikon Musik Reggae Indonesia. Tony tidak sekedar mengadopsi dan memainkan musik reggae – genre musik yang di sebarlusakan dan dibesarkan oleh Robert Nesta Marley – tapi Tony berhasil memainkan musik reggae dgn rasa sangat Indonesia. Dia telah berhasil keluar dari bayang2 musisi reggae dunia: macam Bob Marley, Black Uhuru, Burning Spears, Jimmy Cliff dan Peter Mcintosh. Dia telah menciptakan Reggae Pribumi – Reggae yang sangat Indonesia.

Berikut perjalanan karir Tony Q Rsatafara.

Pria asal kota Semarang, Jawa Tengah, terlahir dengan nama Tony Waluyo Sukmoasih. Memulai karir bermusiknya sejak tahun 1989 dengan band Roots Rock Reggae. Biasa manggung di kafe-kafe dan acara pentas musik yang ada di Jakarta. Setelah lama bongkar pasang dalam band reggae seperti: Exodus Band, Rastaman Band, akhirnya pada tahun 1994 Tony Q membentuk band yang cukup terkenal sebagai pengusung aliran musik reggae di Indonesia pada waktu itu, yaitu Rastafara. Bersama Rastafara Tony Q sempat merilis album “Rambut Gimbal” pada tahun 1996 dan “Gue Falling in Love” pada tahun 1997. Hampir semua lagu-lagu di album tsb diciptakan sendiri oleh Tony Q, lirik lagu-nya banyak bercerita tentang tema sosial-kemasyarakatan, perdamaian dan cinta.

Perbedaan Rastafara pada waktu itu dengan band-band reggae lainnya adalah karena mereka berhasil memasukkan dan memadukan unsur-unsur musik traditional dengan gaya khas Indonesia kedalam musiknya sehingga terbentuklah musik reggae ala Indonesia yang bisa terlepas dari bayang-bayang musik reggae dunia seperti Bob Marley, Jimmy Cliff, Peter McIntosh atau Ziggy Marley. Penggunaan alat-alat musik tradisional seperti kendang Sunda dan Gamelan Jawa menambah warna musik Indonesia didalam lagu-lagu Rastafara. Dan pada aransemen musiknya sepintas juga terlihat unsur-unsur musik melayu atau bahkan musik khas Sumatra Barat.

Pada tahun 1997 Rastafara memutuskan untuk vakum dalam bermusik, hingga akhirnya Tony Q memutuskan untuk membentuk band baru dengan nama New Rastafara. Maka pada tahun 1998 terbentuklah Tony Q and New Rastafara, dengan format additional palyer. Tetapi kemudian Tony Q memutuskan untuk bersolo karir dengan tetap membawa nama band-nya Tony Q Rastafara, yang berhasil merilis album pada tahun 2000 yaitu “Damai Dengan Cinta”.

ALBUM Tony Q Rastafara:
Rambut Gimbal (1996)
Gue Falling in Love (1997)
Damai Dengan Cinta (2000)
Kronologi (2003)
Salam Damai (2005)
Anak Kampung (2007)
Presiden (2008)

Prestasi Tony Q Rastafara
1. Headliners “Bob Marley Festival”. Houston TX, USA (2002)
2. Invitation “Legend of Rasta Reggae Festival”. Houston TX, USA (2003-2005)
3. Putumayo World Music Album Compilation, “Reggae Playground” – single “Pat Gulipat” (2006)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s